Tunggu Sebentar...
Bisnis

Whatsapp diblokir China, Mark Zuckerberg Belajar Bahasa Mandarin

blokir, china, whataspp, facebook

Kang Jee –┬áPemerintah China akhirnya benar-benar memblokir Applikasi Chating Whatsapp. Kini Facebook sama sekali tak punya kekuatan lagi di daratan China, sebab Whatsapp adalah aplikasi terakhir perusahaan asal Silicon Valley itu disana.

Sebelumnya, pemerintah China telah memblokir Facebook sejak 2009. Kebijakan ini membuat aplikasi media sosial lokal Weibo menjadi populer. Bahkan Instagram juga tak diberi tempat oleh pemerintah China.

Belakangan, pemerintah China mulai memblokir sebagian fitur Whatsapp disana. Pengguna kesulitan mengakses foto dan video. Namun kali ini, pemerintah China benar-benar membendung aplikasi tersebut.

Sumber Gambar: Merdeka

Pemerintah China sedang meningkatkan firewall miliknya untuk mendeteksi dan memblokir protokol yang digunakan Whatsapp untuk mengirim teks. Sebelumnya, China juga sudah memperkuat firewallnya dengan kode untuk memblokir foto dan video Whatsapp. Demikian disampaikan Nadim Kobeissi, kriptografer di perusahaan penelitian asal Paris, seperti dikutip dari The New York Times.

5 Applikasi yang diblokir China selain Whatsapp

Sementara, Facebook sendiri sebenarnya membutuhkan China untuk terus membesarkan usaha mereka. Sebab, dengan jumlah penduduk yang hingga milyaran itu belum ditundukkan oleh perusahaan tersebut. Mark Zuckerberg sendiri dikabarkan tengah belajar intensif bahasa Mandarin.

whatsapp, blokir, china
Sumber Gambar: Okezone

Pemblokiran yang dilakukan oleh pemerintah China merupakan salah satu upaya China untuk memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang beredar di negaranya. Whatsapp menggunakan end-to-end encryption yang membuat pemerintah China tak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan antar pengguna.

Akan tetapi ada beberapa aplikasi pesan instan lainnya yang diizinkan oleh pemerintah China seperti Skype dan Apple FaceTime, dikarenakan tak memiliki kebijakan kerahasiaan seketat Whatsapp.