online shop, berjualan online
Marketing Tips & Trik

Tips Penting Untuk Para Penjual Online Baru

Online Shop – Digital satu kata yang sudah merubah banyak prilaku manusia didunia, dengan perkembangannya yang sangat pesat membuat segalanya menjadi instan termasuk “JUAL/BELI”. Berbagai tempat untuk jual beli sudah dapat kita temukan di Indonesia, dengan kemudahan jual dan belinya sehingga persainganpun semakin besar.

Bagi anda seorang penjual yang baru terjun ke dunia online, simak tips berikut untuk mendapatkan orderan secepatnya.

  1. Bangun Trafik

online shop, berjualan online

Traffic merupakan bagian yang paling penting dalam bisnis online. Traffic adalah jumlah kunjungan pada suatu toko. Kebanyakan penjual baru agak kesulitan dalam meningkatkan traffic ke tokonya. Meningkatkan traffic harus dimulai dengan mengekspos bisnis Anda secara lebih luas. Semakin luas bisnis Anda terekspos, maka semakin besar pula traffic yang akan didapatkan oleh toko Anda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun traffic :

  • Promosikan ke orang terdekat (World of Mouth)

Teman adalah objek paling penting bagi anda yang ingin berbisnis, pasalnya temanlah yang akan membantu anda ketika baru memulai promosi bisnis, dialah yang pertama anda kasih tau bahwa anda menjual ini atau itu. Juga anda dapat memanfaatkan orang-orang terdekat, seperti orang tua, sahabat, atau rekan kerja untuk mempromosikan produk atau toko Anda secara lebih luas. Dengan begitu, jangkauan traffic toko Anda akan mulai meningkat.

  • Posting di akun media sosial

Anda bisa mulai memanfaatkan forum, grup facebook, atau komunitas online untuk memperkenalkan produk dan toko Anda. Gunakan link toko Anda setiap membuat postingan.

  1. Gunakan Iklan Berbayar

online shop, ads

Untuk menghasilkan uang, Anda juga harus rela untuk mengeluarkan uang. Dengan iklan berbayar, Anda dapat mempromosikan produk untuk target pasar yang lebih spesifik. Hal ini tentu saja membuat iklan Anda jadi lebih efektif dan efisien. Iklan berbayar bisa anda gunakan beberapa platform yang sudah tersedia seperti Facebook Ads , Google Adwords, Instagram Ads dll. Dan bagi Anda yang berjualan di marketpalce dapat menggunakan tools-tools atau layanan iklan dari marketplace masing-masing seperti Tokopedia dengan TopAdsnya, Bukalapak dengan Bukaiklannya dll.

  1. Buatlah Konten Menarik dan Sebarlah!

online shop

Dalam membuat sebuah konten, Anda bisa memberikan hashtag atau tagline yang merupakan ciri khas bagi produk dan toko anda seperti #tokokece #produkindonesia.  Setelah Anda berhasil membuat konten, sebarkan konten tersebut ke seluruh audience Anda. Untuk bisa menjangkau seluruh audience, berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan :

  • Gunakan Endorser
BACA JUGA:  Bijak dalam memilih hosting untuk website Anda

Endorser adalah publik figur yang digunakan  untuk mempromosikan sebuah produk. Endorser ini biasanya memiliki banyak pengikut di media sosial dan populer di kalangannya. Anda bisa memanfaatkan mereka untuk mempromosikan produk secara luas. Biasanya Endorser juga akan mengajak pengikutnya untuk membeli produk Anda sehingga penjualan pun makin meningkat. Endorser ini dapat berupa artis, blogger, selebgram, dan sebagainya.

  • Membangun Partnership

Melakukan partnership dengan toko-toko lain (tidak harus sejenis) juga bisa dicoba. Biasanya mereka akan mempromosikan toko atau produk Anda di akun toko mereka. Dengan begitu Anda dapat menjangkau konsumen yang dimiliki oleh partner Anda.

  1. Evaluasi dan Tingkatkan!

online shop

Ini point yang sangat penting yang tidak boleh Anda lewatkan setelah Anda berhasil melakukan setiap langkah di atas, pastikan untuk selalu mengevaluasi jalannya langkah-langkah tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah langkah yang dilakukan sudah sesuai dengan visi Anda. Bila masih merasa kurang dengan hasil yang didapat, cobalah untuk meningkatkan setiap usaha Anda dalam menjalankan strategi tersebut.

Jadi sebagai penjual baru, Anda tidak perlu takut lagi untuk bersaing dengan kompetitor. Dengan mengikuti 4 langkah di atas,  peluang penjualan Anda tentunya akan semakin meningkat!

Bagikan Ini:
Share