Marketing Tips & Trik

Sosial Media Sebagai Traffik ke Toko Online Anda

Media sosial merupakan salah satu media yang dapat memudahkan penggunanya untuk memasarkan penjualannya.

Sosial Media – Promosi merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam berbisnis, klo sudah dengan kata-kata promosi pasti tak jauh dari biaya yang harus dikeluarkan. Pada umumnya biaya marketing sebuah perusahaan besr itu bisa mencapai hingga Triliunan Rupiah, tapi bagaimana dengan kita yang hanya memiliki sedikit dana untuk modal bisnis?

Beberapa pebisnis pemula ternyata telah menemukan sumber promosi mereka secara gratis melalui sosial media baik itu Facebook, Instagram ataupun Pinterest, hanya dengan bermodal follower maka traffikpun meningkat. Seiring berjalan mereka secara konsisten memposting beberapa produk-produk yang mereka jual sehingga dapat dillihat oleh pengikut mereka di media sosial.

Apabila sekarang Anda ingin menggunakan platform sosial media tersebut, maka yuk simak lebih lanjut bagaiamana cara mengembangkannya dan menciptakan ide-ide kreatif dalam membuat konten yang menarik untuk meningkatkan penjualan Anda.

  1. Facebook

facebook

Diawal, pada umumnya semua pengguna Facebook pasti menggunakannya untuk keperluan pribadi mulai dari update status, update foto-foto dan lain-lainnya. Namun, disaat Anda sudah terjun ke dunia bisnis maka semua yang dikerjakan diawal harus segera diubah demi kebutuhan bisnis. Mulai untuk memperbaiki halaman facebook, mengembangkannya dan memikirkan strategi-strateginya. Nah, untuk memulainya Anda dapat mengikuti point-point dibawah ini:

  1. Berikan edukasi tentang produk Anda dan Toko Anda
  2. Ceritakan ide-ide cemerlang toko Anda kepada pelanggan Anda.
  3. Promosikan produk Anda diwaktu-waktu tertentu.
  4. Membagikan konten bersama pengikut Anda (seperti resep, panduan, maupun tips dan trik berjualan)
  5. Berikan promo-promo atau giveaway dari toko Anda.

  1. Instagram

instagram

Platform Instagram sangat ideal untuk berbagi foto (visual) gaya hidup dan belakang layar foto. Disini Anda dapat mengupload foto, caption, dan menandai foto tersebut dengan teman-teman Anda. Lalu baru Anda dapat menganalisa dari hasil postingan tersebut apakah sesuai dengan kemauan pelanggan Anda atau tidak. Nah, untuk ide-ide cemerlang dalam memposting foto, carilah kompetitor bisnis Anda, analisa dan perhatikan tata cara mereka mengupload foto,caption dll nya sehingga kontennya bisa menarik. Ingat, jangan menirunya begitu saja, tapi lakukan perubahan dalam meniru atau yang sering disebut ATM (Amati , Tiru, Modifikasi) sesuai bisnis atau keperuan Anda.

  1. Twitter

Twitter

Twitter merupakan salah satu media sosial yang memiliki karakter khusus karena hanya bisa menulis sebanyak 140 karakter saja. Dalam kasus ini memaksa kita untuk mengirit kata-kata ketika memposting sebuah foto/caption. Namun ada fitur yang powerfull banget disini, yaitu fitur Tagar (Hastag). Fitur ini sangat berguna untuk pemilik bisnis dalam membuat koneksi atau mempromosikan bisnisnya dengan menggunakan hastag khusus untuk bisnisnya, seperti #kangjee #websitemurah.

  1. Pinterest

pinterest

Jutaan orang menggunakan papan kolase visual pada Pinterest setiap hari untuk mengeksplorasi kepentingan mereka, menemukan produk untuk membeli dan terhubung dengan orang-orang yang memiliki gairah hidup yang sama. Pinterest bisa menjadi salah satu alternatif untuk memasarkan produk Anda.

BACA JUGA:  Menutup, Tapi Ingin Dilihat

Ok, tiga platform dulu kita bahas, nanti akan kita lanjutkan ke platform selanjutnya. Kira-kira platform mana yang cocok atau sudah anda gunakan untuk bisnis Anda?

 

Bagikan Ini:
Share
Kang Jee
Coffee and Networking hunter