Marketing Tips & Trik

Merapikan Postingan Instagram Tanpa Harus Hapus Foto, Begini Caranya

Instagram – Pengguna Instagram sudah sangat banyak, bahkan satu orang memiliki lebih dari satu akun instagram untuk tujuan yang berbeda. Namun, setiap pengguna Instagram kadang ingin merapikan tampilan postingan dihalam profil mereka dengan alasan tertentu. Ada yang ingin terlihat rapi, elegant, atau bahkan demi personal branding digital mereka. Dan ada juga yang ingin menghapus foto-foto masa lalu mereka.

Perubahan zaman tidak hanya juga berubah pada lingkungan dan kehidupannya saja, tapi dari segi tampian dan gaya foto-foto juga berubah. Sangat banyak dari user yang ingin menghapus “Aib” mereka dari foto-foto yang diunggah awal menggunakan instagram. Termasuk foto yang pada masa itu terlihat keren tapi pada masa sekarang terlihat jadul.

Seperti yang kita ketahui, awal peluncuran applikasi berbagi foto ini hanya menawarkan opsi hapus foto untuk menghilangkan jejak foto. Namun seiring berjalan Instagram menawarkan opsi lain untuk menata tampilan foto-foto pada halaman profil kita.

Opsi tersebut bernama Arsip (Archieve) yang dirilis pada pertengahan 2017 lalu. Fitur ini bekerja seperti kotak penyimpanan untuk memindahkan kiriman tertentu, termasuk Instargam Stories pemiliki akun.

Carapunya pun sangat mudah, pilih kiriman yang anda inginkan, bisa foto atau video. Lalu klik tiga titik di pojok kanan atas hingga mucul pop-up pilihan “Arsip” (Archieve).

instagram arciheve
instagram arciheve

Dengan begitu, foto akan berpindah dari laman Profil ke kotak arsip, lengkap dengan jumlah penyuka (like) dan komentar yang tetap utuh

Jika merasa foto tersebut sangat perlu untuk dipublikasikan lagi, pengguna bisa mengembalikan foto ke tempat semula.

Caranya, klik ikon jam di laman Profil yang terletak di bagian atas, kemudian pilih “kiriman diarsipkan” (Posts Archieve) dan pilih foto yang ingin ditampilkan kembali. Pilih “tampilkan di profil” (show in profile)pada pop-up.

Secara otomatis, foto akan kembali ke laman Profile secara utuh tanpa menghilangkan jumlah like dan komentarnya.

BACA JUGA:  5 Applikasi Chating Dengan Tim Terbaik Untuk Perusahaan

Tak hanya foto dan video, fitur terbaru Arsip ini juga bisa memperpanjang umur instagram stories yang biasanya hanya 24 jam. Cukup buka profil Instagram, kemudian klik tiga titik di pojok kanan atas. Gulir kebawah hingga menemukan opsi “pengaturan cerita” (Story setting). Pada opsi “menyimpan” (Saving) aktifkan pilihan “simpan ke arsip” (Save to Archieve).

Maka stories Anda akan bisa dilihat berulang kali tanpa khawatir akan hilang setelah 24 jam. Cara melihat Stories yang diarsipkan pun sama seperti membuka arsip kiriman. Kemudian pilih opsi “arsip cerita” (Stories Archieve). Stories akan muncul beserta tanggal stories tersebut dibuat.

Bagikan Ini:
Share
Kang Jee
Coffee and Networking hunter