pemasaran
Marketing

Menjadikan Pelanggan Sebagai Tim Pemasaran Anda

Pemasaran – Satu hal terpenting dalam bisnis adalah Pemasaran. Untuk mendapatkan konsumen yang membeli produk Anda sebenarnya tidaklah sulit. Dengan sangat mudah Anda dapat memberikan diskon atau promosi lainnya agar mereka mau melakukan transaksi pembelian dengan Anda. Namun, ada hal lain yang harus Anda perhatikan dibalik itu, yaitu bagaimana membuat mereka loyal dan mencintai produk Anda.

Saat pelanggan menemukan produk Anda dan merasakan manfaat dari produk Anda maka pelanggan tersebut secara tidak langsung akan menyebarkan dan mempromosikan produk Anda kepada orang lain. Konsumen yang seperti itu dinamakan sebagai Brand Evangelists. Pemasaran ini bersifat spontan dan efektif untuk bisnis Anda. Secara tidak langsung, mereka membantu Anda memasarkan produk dengan menyebarkan informasi dan testimoni kepada orang lain secara cuma-cuma.

Ingin membentuk  Brand Evangelist-mu sendiri, simak tips-tips di bawah ini:

  1. Buatlah produk yang menarik

produk unik, pemasaran

Tahap pertama dalam membentuk Brand Evangelists sebenarnya cukup mudah. Ciptakan produk yang menarik sehingga pembeli memposting produk tersebut ke media sosial. Sebagai penjual mungkin Anda juga pernah melihat fenomena  di mana banyak pembeli yang berbondong-bondong datang ke sebuah toko dan setelah mendapat produk yang diinginkan bukannya langsung digunakan tetapi mereka terlebih dahulu mempostingnya di akun sosial media. Hal yang seperti itu, sebenernya sangat efektif buat pemasaran bisnis Anda. Anda juga bisa menghasilkan produk tersebut melalui dua pilihan kategori dibawah ini :

  • Produk yang membantu konsumen Anda mengekspresikan dirinya
  • Produk yang benar-benar menyelesaikan masalah konsumen Anda menjadi lebih mudah
  1. Ajak konsumen untuk share produk andashare, pemasaran

 

Point kedua ini merupakan point yang sudah sangat sering kita lihat. Ajakan untuk mem-posting atau membagikan produk Anda, cukup dengan menulis atau mengatakan “Jangan lupa komen dan upload produknya yaa sis”. Dengan begitu, mereka akan lebih tergerak untuk melakukannya.

  1. Pastikan konsumen ingat dengan anda

nama produk, pemasaran

Dalam menentukan nama toko atau brand Anda juga sangat penting untuk diperhatikan. Tujuannya agar konsumen Anda dapat dengan mudah mengingatnya, dan carilah nama yang unik dan bagus sehingga dapat mempengaruhi konsumen Anda untuk mengingatnya. Hindari penamaan toko dan produk yang sulit diingat dan diucapkan. Anda boleh menggunakan kata-kata yang kreatif namun harus tetap mudah untuk diucapkan dan usahakan nama toko adalah gambaran yang mencerminkan makna dari bisnis Anda.

  1. Berikan Kejutan Pada Pelanggan Anda

kejutan, pemasaran

Konsumen yang sudah senang dan menyukai produk Anda dapat diberikan kejutan berupa bonus atau penghargaan. Misalnya saja, ketika pembelian yang ketiga Anda memberikan bonus pelembab wajah karena pelanggan tersebut sering membeli produk kecantikan wajah di toko Anda. Dengan begitu mereka akan terus loyal atau setia dengan Anda.

BACA JUGA:  Tips Penting Untuk Para Penjual Online Baru

Ok, sekian dulu beberapa tips dalam membangun Brand Evangelists sendiri. Semoga bermanfaat yaah!!


Silahkan komen apabila ada yang ingin ditanyakan atau ada yang ingin di ulas dalam artikel.

Bagikan Ini:
Share
Kang Jee
Coffee and Networking hunter