kodakone, kodakcoin, cryptocurrency, bitcoin
Bisnis Teknologi

Mata Uang Digital untuk Fotografer

Bisnis – Kodak mengeuarkan berita yang sangat mengejutkan akhir-akhir ini. Pasalnya perusahaan kamera ini mengeluarkan cryptocurrency untuk fotografer.

Bekerjasama dengan WENN Digital, Kodak mengeluarkan KodakOne sebagai platform yang melindungi hak cipta foto dan KodakCoin. Cryptocurrency yang diharapkan dapat mendukung hak cipta dan firma kepemilikan foto milik mereka.

KodakOne menggunakan teknologi blockchain untuk membuat enkripsi terhadap hak cipta kepemilikan dari juru foto. Baik baru maupum lama agar mereka mendapatkan hak lisensi dari platform tersebut.

Teknologi webcrawler juga terdapat pada platform ini juga bot untuk keperluan web index, guna mendeteksi,mengawasi dan melindungi IP dari gambar dalam sistem.

Sedangkan KodakCoin digunakan sebagai alat pembayaran kepada fotografer untuk foto yang telah mereka hasilkan. Baik fotografer profesional maupun amatir. “Blockchain dan cryptocurrency tengah menjadi pembicaraan hangat saat ini. Hal tersebut dapat digunakan oleh para fotografer yang kesulitan dalam mengontrol penggunaan karya mereka oleh orang lain,” ujar CEO Kodak Jeff Clarke.

Kehadiran KodakCoin dapat menjadi tren perkembangan perusahaan dalam menjual foto atau ilustrasi lewat teknologi blockchain. Seperti yang sudah dilakukan oleh CryptoKitties yang berbasis Ethereum.

Initial Coin Offering (ICO) akan dibuka pada 31 Januari 2018, tetapi hanya untuk para investor yang sudah terakreditasi di sejumlah negara seperti Amerika, Inggris dan Kanada.

Keputusan ini pun sekaligus mendongkrak saham Kodak sebesar USD 3,7, atau 119%, ke angka USD 6,8. Hal tersebut pun meningkatkan nilai pasar perusahaan ini menjadi USD 289,5 Juta.

Bagikan Ini:
Share
BACA JUGA:  Cara Mengetahui Penghasilan Selebgram atau Youtuber
Kang Jee
Coffee and Networking hunter