Tunggu Sebentar...
Bisnis

Keberhasilan Venezuela keluar dari krisis ekonomi

Kang Jee –┬áRepublik Bolivarian Venezuela saat ini tengah terpuruk karena dilanda krisis ekonomi. Negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia ini mengalami krisis, akibat anjloknya harga minyak hingga penolakan terhadap Presiden Nicolas Maduro Moros dan terbagi ke dua kubu.

Duta Besar Venezuela untuk Indonesia, Gladys Francisca Urbaneja Duran, mengungkapkan pemerintahannya kini fokus melakukan diversifikasi ekonomi dengan tidak hanya mengandalkan komoditas minyak saja. Sedikitnya ada 15 motor penggerak lainnya yang ikut dijadikan penggerak roda perekonomian.

Ada beberapa motor penggerak ekonomi Venezuela selain minyak, antara lain farmasi, industri, petrokimia, pariwisata, telekomunikasi, hingga pertanian. Komoditas perkebunan Venezuela juga tak kalah unggul, antara lain cokelat, kopi, tebu, hingga tembakau. Beberapa hasil kebun berupa buah pun melimpah di negara tersebut, mulai dari alpukat, pisang, pepaya, jeruk, nanas, hingga anggur.

“Setelah situasi krisis kami memutuskan untuk melakukan diversifikasi ekonomi. Ada 15 motor penggerak ekonomi, kami punya sumber daya alam, pertanian, industri, manufaktur,” kata Gladys, saat makan siang bersama media di Up In Smoke RDTX Tower, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2017).

Pihaknya menambahkan, segala keriuhan di Venezuela saat ini sudah selesai. Berbagai pihak sudah sepakat untuk berdamai dan tidak lagi melakukan demonstrasi.

“Saat ini sudah jauh lebih baik. Saat ini sudah selesai,” kata Gladys.

The National Constituent Assembly (NCA) of the Bolivarian Republic of Venezuela juga memegang peranan penting dalam menciptakan perdamaian dan keamanan di Venezuela di masa krisis.

“Presiden Maduro memanggil NCA untuk mengembalikan rasa aman dan damai di Venezuela,” tutur Gladys.

Selain itu, pada 16-19 September 2017 juga akan diselenggarakan kampanye solidaritas bertajuk “We are all Venezuela” sebagai upaya menciptakan kedamaian dan demokrasi di Venezuela setelah deretan ‘cobaan’ berujung krisis menyerang negeri di utara Amerika Selatan.