Tunggu Sebentar...
Bisnis

Keberadaan Bisnis Online Tak Bisa diHindari

online shop, bisnis online

Kang Jee – Teknologi dan Informasi di Indonesia semakin pesat perkembangannya. Akibat perkembangannya, Indonesia dilema dengan banyaknya bisnis online atau e-commerce yang lahir setiap hari. Bahkan banyak yang beranggapan jika perkembangan pesat bisnis online menjadi ancaman tersendiri bagi para pelaku industri ritel modern.

Alasannya karena bisnis online menawarkan kemudahan kepada pembelinya. Pasalnya hanya cukup dengan handphone atau smartphone, masyarakat bisa mendapatkan barang yang diinginkannya tanpa perlu datang ke toko.

Menteri Perdagangan Enggartisto Lukita mengakui jika keberadaan bisnis online terus meningkat. Dirinya menilai jika perkembangan bisnis online tidak bisa dihindari oleh masyarakat, pengusaha maupun pemerintah sekalipun.

“Memang online ini sesuatu yang tidak bisa dihindari. Tetapi online dengan offline, ya kenyataan yang ada,” ujarnya di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (18/9/2017).

bisnis online, toko online murah, e-commerce
Sumber Gambar: mojix.com

Meski begitu, walaupun terus meningkat seiring perkembangan teknologi, keberedaan ritel modern tidak tergerus sama sekali. Justru dirinya menilai keberadaan bisnis online maupun ritel berjalan berdampingan mampu mencatatkan keuntungan yang relatif seimbang.

“Tetapi offline juga meningkat, yang online juga meningkat. Jadi di situ lihat daya belinya meningkat,” jelasnya.

Hal tersebut terlihat dari keuntungan yang dicatatkan oleh pelaku industri ritel. Menurutnya keuntungan yang didapat oleh perusahaan ritel semakin hari semakin meningkat.

“Lihat saja dia dari yang sudah public listing company, bagaimana kinerjanya, bagaimana rugi labanya, bagaimana dia revenue peningkatannya, year on year-nya lebih baik. Ada satu yang turun karena melakukan efisiensi, tapi laba bersihnya meningkat. Jadi kalau kita lihat dari sisi itu, tidak ada soal,” kata Enggar.