jajanan musim hujan, jajanan bandung, kuliner bandung
Bisnis Tips & Trik

6 Jajanan Bandung Bikin Ngangenin Saat Musim Hujan

Jajanan – Bukan rahasia lagi jika bandung jadi surganya para pecinta kuliner. Siapa yang tak senang jika datang ke Bandung apalagi dengan tiket pesawat termurah? Siapapun rasanya selalu menjadikan bandung sebagai tempat wisata andalan. Bukan hanya tempat wisata yang beragam tapi karena makanan yang dijajakan selalu bernilai juara dilidah para penggemarnya.

Tidak ke Bandung jika tidak mencicipi jajanan-jajanan khasnya. Meski jajanan Bandung ini sudah banyak hadir di kota-kota lain, tetepi rasanya selalu beda jika dinikmati di kota asalnya. Memiliki formula yang hampir sama yakni kuah yang gurih pedas dan dimakan hangat-hangat, jajanan-jajanan ini jadi idola baik bagi masyarakat Bandung apalagi wisatawan yang berasal dari luar kota. Terlebih saat ini sedang musim hujan, tentunya jajanan-jajanan ini siap menunggu di kota Bandung yang sejuk.

1. Seblak

seblak, bandung, kuliner bandung
Sumber: sportourism.id

Menjadi idaman dan jadi jajanan hits sejak beberapa tahun ke belakang, seblak selalu jadi buruan wisatawan. Meski sebenarnya ada dua jenis seblak yakni seblak kering dan seblak basah, masyarakat kebanyakan lebih menyukai seblak basah dengan tambahan kuah yang banyak. Panganan berbahan dasar kerupuk dipadu dengan bumbu utama seperti bawang putih, kencur dan cabai rawit menjadikan makanan ini berkuah pedas gurih dengan bau kencur yang khas.

Membuat banyak orang ketagihan dengan rasanya, seblak digandrungi oleh semua usia terutama para kawula muda yang doyan pedas. Di campur dengan bahan pelengkap lain seperti telur, batagor kering, siomay kering, bakso, sosis, mie, jamur, keju mozarela, hingga mie udon jepang, seblak

terbukti selalu cocok dipadu dengan bahan lain. Seblak saat ini bukan hanya jajanan pinggir jalan, saking hitsnya seblak pun kini sudah naik kelas dan banyak juga dijajakan di café-café hingga hotel. Jika berlibur ke Bandung dan perlu untuk booking hotel online bisa lewat Reservasi.com agar liburan jadi lebih terencana, nggak takut juga kehabisan kamar hotel di liburan akhir tahun ini.

BACA JUGA:  Microsoft Mengakuisisi Avere System Demi Misi Komputasi Hybrid

2. Bakso

Bakso, bandung, kuliner bandung
Sumber : anekaresepnusantara.info

Meski bakso bukan jajanan khas Bandung, tetap saja beberapa warung bakso ternama di Bandung bisa dibilang juara untuk soal rasanya. Bakso dengan tambahan mie kuning, bihun, toge dan sawi merupakan komposisi bakso pada umumnya yang bisa ditemukan di Bandung. Untuk pilihan jenis bakso bisa dibilang Bandung cukup kaya akan beragam jenis baksonya.

Hampir semua ada, mulai dari bakso urat, bakso cincang, bakso telur, bakso keju, bakso goreng juga bakso mercon yang berisi potongan cabai rawit yang terasa meledak di mulut. Salah satu warung bakso yang terkenal di Bandung yakni Bakso Akup dan Bakso Akung. Tentu nggak hanya bakso “bandung” saja yang ada, mulai dari bakso solo dan bakso malang pun ada bahkan cukup tersohor di Bandung salah satunya Bakso Malang Enggal.

3. Bakso Cuanki

bakso cuanki, bandung, kuliner bandung
Sumber: baksoguide.blogspot.com

Bakso chuanki yang mungkin hanya bisa ditemukan di Bandung jadi jajanan selanjutnya yang pas banget disantap saat musim hujan. Biasa dijajakan di taman-taman tematik Bandung, Bakso Chuanki merupakan perpaduan kuah kaldu ayam yang gurih nggak ketulungan yang dicampur dengan bakso, siomay kering, tahu dan tambahan ceker ayam. Harganya yang murah dan biasa juga dijual keliling membuat panganan ini jadi pilihan lain untuk jajanan berkuah di Bandung.

Bakso Cuanki yang terkenal di Bandung dan selalu penuh saat jam makan siang adalah Bakso Cuanki Serayu. Traveler yang belum pernah mencoba bakso cuanki, saat musim hujan seperti ini tentu jadi waktu yang pas untuk menjajal panganan ini. Berminat mencoba bakso cuanki di liburan akhir tahun kali ini? Cari tiket pesawat termurah untuk ke Bandung di zaman now ini sudah gampang apalagi jika lewat online.

4. Mie Kocok

mie kocok bandung, bandung, kuliner bandung
Sumber: infobdg.com

Masih dengan makanan dengan unsur berkuah, Mie Kocok  tentu masuk dalam daftar makanan yang bisa menghangatkan ketika hujan tiba. Memiliki komposisi mie kuning, toge, dan potongan kikil sapi, mie kocok juga jadi salah satu makanan yang harus diicip jika bertandang ke Bandung. Kamu yang dari luar daerah bahkan luar pulau, bisa booking hotel via online terlebih dahulu lewat Reservasi.com jika berniat berlibur ke Bandung. Dengan tingkat wisatawan yang tinggi, booking hotel jauh-jauh hari rasanya jadi kewajiban bagi tiap wisatawan yang mau ke Bandung.

BACA JUGA:  3 langkah Cara Melakukan Riset Pasar untuk Startup/Bisnis di Indonesia

5. Batagor Kuah

batagor kuah, bandung, kuliner bandung
Sumber: santeaja.com

Juara dengan batagor keringnya, orang-orang Bandung kemudian berinovasi dengan jajanan batagor yang disajikan dengan kuah yang mantap. Orang Indonesia yang doyan dengan makanan berkuah membuat batagor kuah “lahir” di kota kembang ini. berbeda dengan batagor yang disiram dengan bumbu kacang, batagor kuah hanya perlu diguyur kuah bakso dan tambahan bawang goreng juga seledri. Banyak juga yang menambahkan bakso atau ceker ayam sebagai pelengkap jajanan khas Bandung ini.

6. Lumpia Basah

Lumpia Basah, Bandung, Kuliner Bandung
Sumber: cookpad.com

Tak seperti lumpia pada umumnya, lumpia satu ini tidak digoreng. Lumpia basah ala kota Bandung ini hadir menjadi jajanan yang banyak digemari anak muda terutama jika ada pasar tumpah. Dengan memanfaatkan tiket pesawat termurah menuju Bandung, kamu bisa datang ke Gasibu yang merupakan pasar tumpah setiap hari minggu di Kota Parisnya pulau Jawa ini.

Banyak dijajakan juga disekitar lapangan olahraga di daerah Bandung, lumpia basah berupa tumis toge segar dengan tambahan bengkuang yang sudah ditambah gula merah tak lupa diberi satu butir telur yang sudah di orak arik terlebih dahulu. Perpaduan antara toge, bengkuang manis dan telur yang gurih dan dibungkus dengan kulit lumpia bikin banyak muda mudi Bandung ketagihan. Apalagi jika ditambah dengan beberapa sendok sambal yang di campur pada lumpia, jelas menambah kenikmatan.     

Sumber: liputan6.com

Bagikan Ini:
Share
Kang Jee
Coffee and Networking hunter