hacker, server, website
Tips & Trik

5 Penyebab Website Kamu Gampang DiBobol

Kang Jee – Bukan hal yang aneh bila terdengar ada website yang diretas bahasa gaulnya di “hack”. Sudah sangat sering kita melihat berita tentang peretasan-peretasan yang terjadi, bahkan perusahaan besarpun berhasil diretas oleh mereka-mereka yang tidak bertanggung jawab.

Peretasan yang dilakukan mulai dari DDOS, hingga pencurian data penting dalam sebuah website. Apakah kamu pernah mendengar berita bahwa ada sebuah perusahaan perbankan yang di hack? atau website dari sebuah perusahaan? atau bahkan Anda pernah mengalami hal yang serupa?

Pada umumnya hacker memiliki titik fokus dalam peretasan sebuah website. Berikut titik fokusnya dan tips dalam mengamankannya.

1. Password Lemah

Ini salah satu alasan kenapa website kamu mudah diretas. Password merupakan kunci utama dalam dunia digital atau webite. Para hacker akan melakukan scanning (bruteforce password) terhadap listdata mereka. Username dan Password seperti kunci dan gembok, apabila anda ingin membuka pintu maka kunci dan gemboknya harus sesuai bahkan demi keamanan Anda akan mencari gembok yang paling bagus dan susah banget untuk dibuka secara random oleh maling. Ada banyak cara untuk menjaga agar password anda itu aman, salah satunya mengombinasi password Anda dengan huruf, angka dan tanda-tanda simbol (@#%&!).

2. Tema dan Plugin Nulled Script

Tema atau template menjadi daya tarik tersendiri dalam membangun website. Khususnya dibeberapa CMS seperti WordPress, Drupal dll. Sedang kan plugin adalah sistem yang dapat memperindah tampilan website dibuat oleh pihak ketiga dengan kegunaan yang beragam. Tema dan Plugin sanagt banyak bertebaran di dunia maya mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar. Perlu diketahui dalam menggunakan tema atau plugin Anda harus memperhatikan asal usulnya terlebih dahulu, jangan menggunakan tema atau plugin yang belum jelas asalnya karena ditakutkan ada ditanam virus dalam tema atau plugin tersebut. Maka carilah yang gratis tapi asal usulnya jelas, atau silahkan beli di market yang jelas juga.

BACA JUGA:  5 CMS Terbaik Untuk Membuat Toko Online Dengan Mudah

3. Tidak Upgrade CMS

Sama hal dengan plugin dan tema yang terus perlu diupgare agar tidak mudah diserang oleh hacker, CMS pun perlu diupgrade. Bagi Anda yang menggunakan CMS wordpress, drupal, opencart, prestashop dll untuk selalu memperbaharui versi cms Anda, tujuannya adalah untuk lebih mengamankan operasional website Anda. Para pengembang CMS biasanya menemukan bug atau celah untuk peretasan, makanya mereka memperbaiki dan Anda yang masih pakai versi lama diminta untuk memperbaharuinya.

4.  Server Abal-abalan

Server menjadi pondasi dalam membangun sebuah website. Server ibarat rumah yang akan Anda duduki, apabila Anda membeli rumah yang layak pakai atau baru maka Anda akan nyaman dan sebaliknya bila Anda membeli atau menyewa rumah yang kurang lengkap atau gak ada jendela dan pintunya maka tidak akan nyaman dan maling pun akan mudah masuk. Begitu juga dengan sever apabila anda asal membeli server untuk membangun website anda tanpa melihat teknologi apa yang digunakan, bagaimana keaman server mereka maka website anda akan mudah dibajak dan dibobol. Jadi belilah server yang layak pakai, server yang memiki teknologi tinggi dalam keamanannya. saya memiliki rekom server terbaik buat Anda, silahkan pilih sesuai keingian anda: [SERVER 1] & [SERVER 2].

5. Kurang Paham Dengan Sistem Keamanan

Pemahaman akan kemanan website sangat penting, baik pemula maupun yang sudah profesional harus up to date dengan perkembangan malware. Setiap yang dijalani pasti memiliki resiko yang besar, untuk itu perlu untuk terus belajar demi sebuah kesuksesan dalam merawat dan membangun. Belajar terus cara menjaga website agar tidak diserang oleh para hacker, cari tau tentang bagaimana cara mengamankan website anda.

BACA JUGA:  5 Tips Simple Agar Hasil Foto Outdoor Kamu Terlihat Keceh

Nah, sekian artikel tentang bagaimana cara menjaga website kita agar tidak mudah diserang oleh hacker.

Ingin membuat sebuah website yang aman dan Murah? Atau toko online untuk bisnis Anda? Klik Disini!

Bagikan Ini:
Share