Tunggu Sebentar...
Bisnis

5 Applikasi yang diblokir China selain Whatsapp

facebook, china, google, twitter

Kang Jee –  RRC memiliki penduduk terbanyak didunia dan hampir mencapai 3 miliyar. China juga menyatakan akan lebih membuka ekonominya kepada dunia. Disaat seperti itu, WTO (Organisasi Perdagangan Dunia PBB) juga mendesak pemerintah China agar membuat perdagangannya lebih terbuka.
Hal ini terjadi lantaran pemerintah China terlalu ketat memberi aturan penyensoran terhadap aplikasi asing di negara tersebut. Biasanya ada dua alasan dibalik kebijakan penyensoran, politik dan ekonomi.

Belakangan, pemerintah China terus memperkuat sensor negaranya yang dikenal sebagai Great Firewall, meniru istilah peninggalan sejarah terkenal di China, Great Wall (Tembok Besar China).

Whatsapp diblokir China, Mark Zuckerberg Belajar Bahasa Mandarin

Berikut beberapa aplikasi yang tidak akan ditemukan di negara tirai bambu tersebut, seperti dikutip dari CNNTech.

1. Google
Pelbagai layanan Google tak dapat diakses dari China. Layanan Gmail hingga pencarian Google, semua tak bisa digunakan.

2. Facebook
Media sosial Facebook sudah tak bisa diakses di China sejak 2009. Saat itu, popularitas Facebook tengah meledak di dunia. Pemerintah China segera membentengi negaranya. Kebijakan ini membuat aplikasi media sosial lokal berkembang.

3. Instagram
Instagram ditolak pemerintah China setelah protes kelompok pro-demokrasi di Hongkong pada 2014 lalu mencuat. Sebab, saat itu Instagram digunakan untuk mempopulerkan gerakan protes tersebut lewat #OccupyCentral, demikian dilaporkan The Verge.

4. Twitter
Twitter juga menjadi salah satu momok bagi pemerintah China. Pasalnya, pada 2009 peristiwa Arab Spring dan Revolusi Hijau Iran dipelopori dari media sosial ini.

5. Snapchat
Layanan media sosial yang populer di kalangan generasi muda ini juga tak mendapat tempat di China.

Meski dilarang, warga China sebenarnya masih bisa mengakses berbagai layanan tersebut menggunakan layanan VPN. Namun belakangan, pemerintah China juga berencana untuk memblokir berbagai aplikasi dan layanan VPN di negaranya tersebut.

Apple bahkan dikabarkan telah menghapus berbagai aplikasi VPN di App Store miliknya demi mengikuti kemauan pemerintah China itu.