Tunggu Sebentar...
Marketing

3 Langkah sukses strategi pemasaran

Kang Jee – Membangun keikutsertaan pelanggan dapat menjadi hal penting dalam strategi marketing. Jika pelanggan merasa terlibat dalam merek Anda, maka mereka cenderung akan percaya dan loyal.

Namun sangat banyak hal untuk membangun strategi marketing yang tepat, dan lebih unggul dari yang dilakukan pesaing.

Setiap hari ada ide-ide baru dari para pemasar dalam mempromosikan produk mereka. Jika strategi pemasaran ini benar, maka pesan yang ada didalamnya akan dapat sampai ke pelanggan dengan baik, yakni untuk menarik pelanggan agar mau membeli dan setia pada produk mereka.

Berikut adalah delapan hal penting untuk membuat strategi pemasaran dan promosi yang luar biasa:

1.  Fokus pada solusi

Inilah apa yang benar-benar dicari pelanggan.

Apabila produk Anda terbukti dalam menjadi solusi dari sebuah permasalahan yang besar, setengah dari pekerjaan pemasaran Anda telah berhasil.

Produk dan jasa yang memiliki permintaan tinggi akan mendapat perhatian pertama dan lebih sering.

Berikan target pasar Anda apa yang mereka inginkan atau apa yang membuat mereka tertarik untuk melihat. Tawarkan sesuatu yang seolah berteriak “Aku pemecah masalah” atau “Aku solusi cepat”, dan pesan Anda itu akan mendapatkan perhatian.

Strategi pemasaran ataupun strategi promosi sangat mempengaruhi tingkat penjualan suatu produk. Lalu bagaimana untuk membuat kedua hal itu sukses? Ini caranya!

2.  Bertujuan pada target pasar

Pemasaran yang tidak mencapai target akan diklasifikasikan sebagai pemborosan, tidak efisien atau junk (seperti dalam “junk mail“).

Kegiatan marketing yang mencapai target pasarnya tergolong menarik, efektif dan sangat efisien. Kuncinya adalah untuk memberikan target pasar Anda sesuatu yang menarik bagi mereka.

Jika Anda seorang warga negara yang sudah paruh baya tertarik pada musik klasik, berita singkat tentang rilis musik terbaru dari band rock-and-roll terbaru tidak akan menarik – sehingga warga negara tersebut bukanlah bagian dari target pasar Anda.

3.  Gunakan judul dan sub judul

Buatlah judul-judul ini (dan sub judul) provokatif, pemikiran yang memprovokasi, ekstrim dan benar-benar tak terduga.

Salah satu berita terbaik yang pernah saya lihat – yang saya tahu mendapat banyak perhatian – adalah “Things the Government Won’t Tell You About Terrorism.” Satu lagi yang menarik perhatian yang sama adalah “7 Mistakes Banks Make Every Day.”

Keduanya akan mendapatkan perhatian dan membuat orang ingin membaca lebih lanjut. Maka memiliki skill copywriting yang tepat sangatlah penting untuk strategi pemasaran Anda.